BerandaBandung.com – Guna memenuhi kebutuhan pasar, produsen kendaraan roda empat berlomba-lomba menyediakan mobil dengan banyak varian. Selain SUV, MPV, City Car, Sedan, Hatchback, kini hadir mobil bertipe Low Cost Green Car atau LCGC, atau bisa dibilang kendaraan harga miring dengan kualitas setara dengan kelas atas. Tak tanggung-tanggung, pilihan mobilnya pun hadir dengan model SUV, bahkan MPV.

Hadirnya kendaraan roda empat dengan konsep LCGC tersebut tentu saja semakin memudahkan masyarakat dengan bujet terbatas tetapi ingin memiliki mobil untuk memudahkan mobilitas, terlebih bersama dengan keluarga. Saat ini, banyak sekali pilihan mobil bertipe LCGC dari berbagai merk, salah satunya berasal dari produsen otomotif terkemuka Toyota dengan Toyota Calya.

Sejak pertama kali hadir bersaing di jalanan dengan mobil-mobil lain tahun 2016 lalu, Toyota berhasil meraup keuntungan besar melalui seri Calya. Mobil LCGC yang dirancang dengan mengusung model MPV ini memiliki mesin berkapasitas 1,2L. Bisa dibilang, Calya adalah kendaraan roda empat dari Toyota yang paling terjangkau sekaligus paling efisien di kelasnya.

Berbagai Keunggulan Toyota Calya, LCGC Terjangkau dan Efisien

Tahun ini, Toyota melakukan perubahan dan pembaharuan pada seri Calya, tentu dengan banyak tambahan fitur dan teknologi di dalamnya. Sebenarnya, apa saja keunggulan yang dimiliki Calya seri terbaru ini? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda:

  1. Interior Lebih Luas

Siapa bilang mobil tipe LCGC memiliki interior yang sempit? Calya menawarkan sebaliknya. Anda akan menemukan kenyamanan saat berkendara dengan mobil ini karena bagian dalamnya yang lebih luas. Kendaraan ini memiliki kapasitas sebanyak tujuh orang termasuk pengemudi. Tentunya, perjalanan tak lagi jadi menyebalkan karena harus berdesakan, bukan?

Penumpang bagian depan memiliki ruang untuk kaki yang lebar, bahkan bisa digunakan untuk meletakkan barang pribadi. Sementara pada bagian tengahnya bisa muat tiga penumpang, tidak perlu lagi duduk berdempetan dan saling berhimpit. Lalu, ruang belakang bisa digunakan untuk penumpang, atau bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan yang luas.

  1. Fitur yang Lengkap

Lalu, bagaimana dengan fitur hiburan dalam mobil ini? Tenang saja, sudah pasti lengkap dan canggih. Sebut saja fitur audio dan videonya yang telah modern, head unit, dan electric mirror. Fasilitas head unit ini bisa digunakan untuk akses multimedia, mulai dari MID, bluetooth, eco mode, AUX, dan USB.

Tak ketinggalan, adanya fitur My Toyota yang bisa Anda temukan dalam head unit kendaraan ini. Ada pula fitur Steering Audio Switch yang membantu Anda lebih mudah mengatur suara ketika sedang fokus mengemudi. Sebagai penyempurna fitur hiburan di dalam kendaraan, Toyota memberikan empat buah speaker dengan kualitas mumpuni yang menawarkan suara super jernih.

Tak hanya itu, pendingin ruangan Toyota Calya menggunakan AC dengan double blower. Belum lagi dengan air circulator yang bisa menggantikan pendingin utama. Jadi, sirkulasi udara dalam kendaraan pun tetap bagus. Tentunya, penumpang yang ada di baris tengah dan belakang pun tetap nyaman meski udara di luar sedang begitu terik dan panas.

Ada pula fitur power window pada semua pintu yang bisa dikendalikan secara otomatis dari bagian pengemudi. Guna meningkatkan keamanan ketika Anda harus mengemudi pada jalan yang berkabut, Calya juga telah memiliki fog lamp, ditambah dengan dual SRS airbag yang bisa meminimalisir dampak buruk saat terjadi benturan.

Fitur keamanan lain yang disematkan dalam seri Calya termasuk Side Impact Beam, Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Anti-lock Braking System (ABS), dan tujuh buah 3-Points Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter guna menjamin keselamatan semua penumpang, baik di kursi baris tengah maupun belakang.

Lalu, untuk meningkatkan keamanan kendaraan dari maraknya pencurian, Toyota juga memberikan fitur berupa Anti-Theft System pada seri Calya terbaru. Tak lupa, fitur keamanan lainnya seperti Rear Parking Sensor, Immobilizer Key, dan ISOFIX yang berguna untuk memasang kursi bayi yang mengusung standar keamanan internasional. Jadi, tak perlu khawatir ketika harus bepergian dengan sang buah hati yang masih bayi atau balita.

  1. Bahan Bakar Lebih Irit

Salah satu keunggulan mobil tipe LCGC adalah bahan bakar yang lebih efisien dan tidak boros. Mengusung mesin berjenis 3NR-VE dengan kapasitas 1.197 cc dan teknologi Dual VVT-i serta DOHC, Toyota Calya sudah pasti jadi kendaraan roda empat dengan performa yang tak boleh diragukan lagi.

Mesin yang disematkan pada mobil ramah lingkungan ini punya tenaga sebesar 88 PS untuk setiap 6.000 rpm dengan torsi maksimal 11 Kgm setiap 4.200 rpm. Tersedia dua pilihan transmisi, yaitu manual dengan 5-percepatan dan otomatis dengan 4-percepatan. Baik manual maupun otomatis, kenyamanan tetap berada di tangan Anda.

Adanya teknologi Electronic Fuel Injection atau EFI menjadikan Calya kendaraan roda empat dengan konsumsi bensin yang bisa dibilang paling baik di kelasnya. Mobil ini bisa menempuh jarak perjalanan lebih dari 20 kilometer untuk setiap liter bensin saat digunakan pada jalan bebas hambatan. Sangat irit dan efisien, ya?

  1. Kapasitas Penyimpanan Luas

Membawa banyak barang ketika hendak bepergian? Tak usah risau, Calya menawarkan ruang penyimpanan di bagian belakang yang luas. Kapasitas maksimalnya setara dengan membawa tiga buah galon dengan tas ransel. Kursi di baris paling belakang bisa Anda lipat untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas lagi. Nah, agar lebih mudah dalam mengakses pintu bagasi, Anda bisa memanfaatkan fitur door handle.

Terakhir, dari sisi harga. Tentunya, dibandingkan dengan tipe mobil lain, kendaraan LCGC memiliki harga yang lebih terjangkau. Anda bisa langsung melakukan pengecekan harga Toyota Calya melalui Blibli. Kini, punya mobil mewah tak lagi jadi mimpi semata, ya? Calya jadi pilihan paling tepat untuk teman perjalanan Anda.