Berandabandung.com – Sangat menyenangkan memang ketika memiliki teman yang banyak. Anda tidak perlu lagi bingung ketika ingin bercerita tentang masalah atau sekadar berkumpul bersama teman. Tetapi perlu disadari bahwa tidak semua teman memiliki perasaan yang tulus kepada Anda. Karena ada beberapa teman yang memiliki ciri atau indikasi merupakan teman palsu. 

Ciri-Ciri Teman Palsu

Memiliki teman yang palsu maka yang harus Anda lakukan adalah menghindari orang tersebut sebisa mungkin. Jika ingin melakukan identifikasi untuk teman palsu atau fake friends, berikut beberapa ciri-cirinya. 

  1. Seseorang Bermuka Dua

Seorang teman palsu biasanya selalu bermuka dua. Orang ini akan cenderung bersikap berbeda terhadap diri Anda di depan orang lain. Teman palsu akan baik ketika berhadapan dengan anda, selebihnya orang tersebut akan menceritakan tentang keburukan Anda. 

Bahkan bisa saja mengatakan bahwa malu berteman dengan Anda. Ada juga teman palsu yang bersikap seolah-olah tidak mengenal diri Anda saat bertemu Anda di keramaian, padahal jelas-jelas saling kenal.

  1. Tidak Suka Temannya Bahagia

Ciri berikutnya untuk seorang teman palsu adalah orang ini tidak akan pernah senang jika Anda bahagia. Bahkan cenderung memiliki ekspresi yang buruk saat Anda bercerita tentang kebahagiaan diri sendiri. Alih-alih ikut bahagia, ini justru akan membuat Anda punya perasaan yang buruk. Apakah itu membuat sedih atau membuat khawatir, akan dilakukan supaya kebahagiaan berubah menjadi kesedihan.

Coba saja ketika berkumpul dengan teman-teman, lihat ekspresi orang-orang terdekat Anda. Apakah ada yang memiliki ekspresi terlihat tidak senang? Jika iya, maka merupakan salah satu indikasi bahwa orang tersebut adalah teman palsu. 

  1. Lebih Sering Egois

Dalam pertemanan tentu sudah pasti harus saling menekan ego masing-masing. Namun teman palsu tidak akan melakukan hal tersebut. Si fake friends akan memiliki sifat yang cenderung lebih egois. Orang ini hanya akan menghubungi Anda saat membutuhkan bantuan saja.

Tetapi apa jadinya ketika Anda membutuhkan orang tersebut? Dia akan sulit untuk dihubungi lewat media apapun bahkan saat bertemu langsung. 

  1. Cenderung Manipulatif

Memiliki fake friends, maka Anda harus siap siap dengan konsekuensi bahwa orang ini cenderung memiliki sifat sikap manipulatif. Si teman palsu ini mengeluarkan sifatnya yang licik apalagi jika sudah mengetahui kelemahan dan kelebihan Anda.

Anda akan cenderung dimanfaatkan, bahkan orang ini akan melancarkan aksinya dengan mulai mengontrol diri Anda. Tanpa disadari, manipulatif ini akan membuat Anda mempertanggungjawabkan segala masalah yang dibuatnya tanpa Anda sadari. 

  1. Sangat Drama Setiap Saat

Fake friends merupakan seseorang yang bertopeng di balik pertemanan. Ciri-cirinya bisa Anda lihat dari sikap orang ini yang cukup drama di setiap saat. Kapanpun dan dimanapun, orang ini akan menutupi semua jati dirinya dengan drama-drama yang dibuat.

Selain itu, biasanya sih teman palsu cenderung hobi bergosip. Yang diceritakan umumnya masih seputar orang-orang di lingkungan pertemanan yang sama. Bahkan bisa saja jika Anda sedang tidak ada, Anda adalah korban gosip dari orang tersebut. 

Jadi sekarang tentu Anda sudah tahu beberapa ciri teman palsu yang wajib untuk dihindari. Anda tidak boleh terlalu lama terjebak dalam pertemanan dengan fake friends. Sekarang jauhi teman palsu karena orang tersebut bisa memberikan pengaruh negatif pada kesehatan mental Anda. Untuk Anda yang memiliki permasalahan mental dan butuh dukungan para ahli, maka bisa memilih Riliv. Download aplikasi Riliv untuk membantu menjawab semua keresahan dan permasalahan kesehatan mental diri Anda.