Di beberapa daerah di Indonesia bawang merah sudah menjadi icon daerah tersebut, sebut saja brebes, Jawa Tengah dan beberapa daerah yang lainnya. Akan tetapi, seringkali petani mengeluh ketika musim panen tiba, karena harga bawang merah yang terkadang anjlok. Karena hal ini yuk kita membuat sebuah kreasi olahan bawang merah yang bisa menjadi ide usaha kita nantinya.

Bawang Goreng

Banyak masyarakat mengolah bawang merah menjadi bawang goreng, bawang goreng ini biasanya menjadi toping bubur, nasi goreng dan makanan yang lainnya. Bawang merah goreng juga seringkali menjadi oleh-oleh, seperti di daerah Palu, Sulawesi Tengah. Masyarakat disana seringkali mengolah bawang merah menjadi bawang merah goreng khas masyarakat palu dan dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang tengah berkunjung kesana.

Lalu, bagaimana cara membuat bawang goreng merah ini ? Menurut keterangan dari balai penelitian dan pengembangan pertanian, jika kita ingin mengolah bawang merah menjadi bawang goreng. Kita memerlukan bawang merah yang memiliki kualitas bagus dan segar. Langkah selanjutnya adalah mengupas bawang tersebut, mencucinya dan tiriskan. Selanjutnya, iris kecil-kecil bawang merah dengan menggunakan alat pengiris agar ketebalan irisannya pas. Jika kita bisa memperoleh ketebalan irisan yang pas, maka bawang akan jauh lebih renyah.

Setelah pengirisan selesai, rendam bawang tersebut dalam laurat garam dengan ukuran 1-3 persen serta kalsium klorida sebanyak 0,3 persen selama 1 jam, setelah satu jam kita tiriskan. Tujuan dari rendaman tersebut adalah untuk membuat bawang goreng menjadi lebih renyah lagi. Selanjutnya, goreng irisan bawang tersebut dengan menggunakan minyak panas pada suhu 210 derajat sampai bawang goreng berubah warna menjadi sedikit kecoklatan.

Proses menggorengnya gunakan api kecil dan harus selalu diaduk selama 10 menit agar bawang tidak gosong. Jika sampai gosong, rasa bawang nantinya akan terasa pahit. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Setelah minyak bekas menggoreng tadi hilang, masukan segera bawang goreng kea wah tertutup seperti toples untuk kita jual. Selain toples bisa kita masukan ke plastic atau sealer.

Pasta Bawang Merah

Ide usaha selanjutnya adalah pasta bawang merah yang bisa kamu jadikan pilihan berikutnya. Pasta bawang merah ini biasanya dijadikan bumbu tambahan untuk makanan. Bukan hanya itu, olahan dari bawang merah yang satu ini termasuk olahan yang bisa bertahan lama, jika kita simpan didalam kulkas bisa bertahan sampai dengan 6 bulan dan jika kita simpan di luar kulkas bisa bertahan sampai 1 bulan.

Lalu, bagaimana cara membuat pas merah ini ? Pertama, kita harus memilih bawang merah yang berkualitas bagus dan segar, selanjutnya kupas bawang tersebut dan bersihkan. Siapkan blender dan masukan bawang tersebut ke blender untuk dihaluskan serta jangan lupa tambahkan asam sitrat, setelah itu aduk selama 3 menit. Selanjutnya kita harus pasterurisasi terlebih dahulu bawang tersebut yang sudah dihaluskan tadi di suhu 60 derajat Celsius, selanjutnya kita simpan atau masukan kedalam wadah yang tertutup.

Tebung Bawang Merah

Ide olahan bawang merah berikutnya adalah tebung bawang merah, cara pembuatannya pertama-tama kita harus memilih bawang merah dengan kualitas bagus dan segar. Selanjutnya, bawang tersebut kita kupas dan cuci sampai benar-benar bersih lalu tiriskan. Selanjutnya, iris tipis dengan menggunakan alat pengiris maupun pisah. Lalu, rendam irisan bawang tersebut dalam larutan pengawet natrium bisulfit dengan ukuran kisaran 500 – 1.500 ppm selama 5 sampai 10 menit.

Setelah direndam kita tiriskan dan keringkan dengan menggunakan oven pada suhu 60 derajat Celsius selama kurang lebih 24 jam lamanya. Selanjutnya kita haluskan bawang tersebut dengan menggunakan penggilingan. Selanjutnya kita ayak dengan menggunakan saringan lalu kemas dalam sebuah toples dan tutup rapat-rapat. Jika kita ingin mengemasnya dalam sebuah plastik, disarankan direkatkan dengan menggunakan sealer ya.

Minyak Bawang Merah

Olahan berikutnya sebagai ide usaha adalah minyak bawang merah. Minyak bawang merah ini cukup popular di masyarakat kota, minyak bawang merah ini bisa digunakan sebagai campuran salad sayuran. Minyak bawang merah juga bisa menjadi bumbu untuk mie rebus maupun mie goreng.

Cara membuatnya pun terbilang sangat mudah. Langkah pertama adalah memilih bawang merah yang berkualitas bagus dan juga segar, selanjutnya cuci sampai bersih bawang tersebut dan iris tipis-tipis. Selanjutnya, kita panaskan minyak goreng dengan menggunakan api kecil. Selanjutnya, masukan irisan bawang merah tersebut dan aduk sampai wangi khas bawang tersebut tercium. Selanjutnya, matika kompornya dan dinginkan bawangnya. Setelah dingin, kita saring minyaknya dan masukan kedalam botol yang tertutup. Tips cara menyimpannya yaitu disimpan di botol yang benar-benar tertutup agar tidak berbagu langu.

Nah, itu adalah beberapa olahan bawang merah yang bisa kita jadikan ide usaha dan kita jual denga harga yang menjanjikan. Misalnya saja minyak bawang merah yang tadi sudah dibahas, jika kita jual harganya cukup menjanjikan karena minyak bawang impor saja bisa memiliki harga Rp 60.000 untuk ukuran 150 ml. Menarik bukan ? yuk coba sekarang !